Pelayanan
pelanggan adalah bagian yang menyatu dari segala bisnis atau
perusahaan. Profesi apapun yang menyangkut interaksi dengan publik
pasti memerlukan pelayanan pelanggan yang bagus supaya mampu mendapat
pelanggan baru dan meretensi pelanggan yang sudah ada. Fundamental dari
pelayanan pelanggan sebenarnya mudah untuk diterapkan, tapi kita harus
diingatkan terus menerus akan dasar-dasarnya.
Pekerjakan hanya orang yang senang berhubungan dengan orang lain
Beberapa
orang merasa nyaman bekerja berhubungan dengan mesin dan komputer,
sementara beberapa orang lain merasa lebih nyaman bekerja jika
berhubungan dengan orang lain. Pastikan Anda mempekerjakan orang yang
sesuai. Orang yang gemar berhubungan dengan orang lain cenderung lebih
bisa berlaku ramah dan mempunyai empati untuk orang lain. Keahlian
untuk problem solving adalah nilai plus tersendiri.
Adakah Pelatihan yang Teratur
Program pelatihan pelayanan pelanggan adalah hal yang penting. Program ini seringkali berupa role play
yang berisi beberapa skenario yang mencerminkan situasi sesungguhnya di
lapangan. Pelatihan seperti ini mampu untuk mendorong perilaku yang
lebih peduli kepada pelanggan.
Berikan Wewenang
Berikan
wewenang yang cukup untuk semua karyawan yang bekerja di pelayanan
pelanggan untuk mengambil keputusan tertentu, tanpa harus melibatkan
Anda atau orang lain. Panduan pelayanan pelanggan yang jelas dan rinci
diperlukan dalam hal ini. Ketika karyawan mampu mengambil keputusan
dengan cepat dan baik, pelanggan pun akan terlayani dengan lebih baik
dan cepat. Jangan lupa untuk memberikan penghargaan jika ternyata
keputusan yang diambil mampu untuk memecahkan masalah.
Berikan Kesempatan Pelanggan untuk Memberi Feedback
Anda
bisa mengadakan survei secara acak untuk mengumpulkan opini dan saran
pelanggan. Para pelanggan Anda biasanya akan senang memberikan
saran-sarannya. Pastikan saluran untuk menyalurkan suara pelanggan
terjamin dengan baik kelancarannya dan bisa direspons dengan cepat.
Pastikan pula jika benar-benar ada keluhan atau saran, maka ada
tindakan nyata dari perusahaan yang cepat dan baik untuk meresponsnya.
Jika tidak, ini akan menjadi bumerang untuk Anda sendiri.
Berikan Kejutan Kepada Pelanggan
Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada menerima kejutan yang berguna seperti value
lebih dalam pelayanan atau bonus. Berikan tindakan atau pelayanan yang
belum diminta atau bahkan belum diharapkan para pelanggan. Hal ini
dijamin mampu memenangkan hati sebagian besar pelanggan. Jika pelayanan
yang diberikan sudah pernah diberikan oleh pesaing lain, maka pelanggan
tidak akan merasakan istimewanya pelayanan Anda.
0 komentar:
Posting Komentar