Anda
baru memulai usaha? atau sudah lama membuka usaha tetapi selalu
bingung karena selalu gonta-ganti karyawan karena banyak yang berhenti
dan susah mencarinya lagi? Dalam hal ini ada beberapa tips dan trik
yang bisa anda lakukan agar tempat usaha anda terus berjalan. Tips ini
bisa cocok untuk anda yang membuka usaha menengah keatas, bagi usaha
kecil biasanya cukup dikerjakan sendiri atau mengambil karyawan yang
bekerja sambilan bukan kerja tetap karena tentunya memiliki
keterbatasan dan kemampuan dalam menggaji karyawan.
Karyawan
adalah aset terbesar dalam usaha kita, jika kita tidak mempunyai
karyawan dengan kemampuan yang baik dan sesuai dengan bidang usaha kita
maka sudah pasti kacau jugalah usaha kita. Namun ternyata menjaga
karyawan agar tetap betah dan terus bekerja di tempat usaha kita juga
merupakan dilema yang juga susah bagi kita.
Beberapa faktor yang harus diperhatikan dan mungkin penyebab kurang betahnya suatu karyawan diantaranya :
- Gaji yang kurang memadai untuk kebutuhan hidupnya
- Pekerjaan yang ia geluti tidak sesuai bidangnya atau profesinya
- Tidak suka dengan manajemen tempat kerja atau ada masalah dengan pimpinan atau teman kerja
- Tidak menjamin masa depannya
- Ada lowongan kerja lain yang lebih besar gajinya dan menjamin masa depannya
- Gengsi pekerjaan
- Masalah pribadi
Semua
faktor diatas adalah salah satu yang menyebabkan mengapa karyawan
kurang betah atau berhenti dari pekerjaannya. Namun sebenarnya point 1
yaitu gaji karyawan sangat memegang peranan penting dalam menyokong
point2 lainnya kecuali point 5 dan 7. Bila gaji yang ia dapatkan
besar, maka sudah pasti ia merasa terjamin kehidupannya sehingga point2
lainnya tidak menjadi masalah baginya.
Namun, ini sebenarnya tergantung dari kemampuan usaha anda dalam menggaji karyawan anda.
Mengelola Karyawan
Berikut beberapa tips dan trik yang mungkin bisa anda coba dalam mengelola dan menggaji karyawan :
- Carilah karyawan yang sesuai dengan bidang kerja yang anda jalankan, bila anda sembarang dalam mempekerjakan karyawan maka sudah pasti anda bakalan repot karena harus mengajarinya lagi atau justru ia kurang mood dalam bekerja
- Rancanglah sistem kepangkatan dan gaji, sehingga karyawan memiliki jenjang karir yang menjamin masa depan kerjanya
- Pelatihan, adakan pelatihan ataupun kegiatan yang menambah wawasan bagi karyawan dan utamakan yang bersifat menjaga loyalitasnya dan keakraban sesama karyawan (misal pelatihan manajemen kepemimpinan, manajemen kelompok, dan penambahan wawasan lainnya)
- Tunjangan, berikan tunjangan selain gaji misalnya tunjangan makan dan keluarga
- Rewards, penghargaan sangat penting untuk memacu dan menjaga kinerja karyawan.. misal bila target tercapai maka karyawan mendapatkan bonus 1x gaji atau lebih dari itu, biasanya kalau kurang dari gaji pokok efeknya agak kurang. Dan penghargaan lainnya yang non komisi misal gelar karyawan teladan, karyawan disiplin, dan gelar lainnya.. kalau bisa jangan hanya satu orang tetapi beberapa orang sehingga yang lain termotivasi dan merasa ada kesempatan untuk mendapatkan gelar, berikan fasilitas dan pujian yang luar biasa kepada yang diberi penghargaan sehingga semakin memberi efek yang baik.
- Masa aktif, hal ini dimaksudkan agar terjadi regenerasi pegawai dan menjaga kestabilan kinerja.. sehingga yang sudah tua harus pensiun dan diganti yang muda.
- Manajemen organisasi yang baik, misal harus ada bidang2 atau seksi dalam pekerjaan tertentu.
- Perlindungan, keselamatan kerja sangat mempengaruhi kinerja karyawan akan lebih baik lagi bila diberikan tunjangan kesehatan dan keselamatan kerja
- Menjaga silaturahmi antar karyawan termasuk pada keluarganya, jadikan karyawan benar2 merasa juga memiliki tempat kerjanya sehingga akan muncul kesetiaan pada tempat kerjanya.
Menentukan Gaji Karyawan
Gaji
karyawan ditentukan dari beberapa hal diantaranya kepangkatan, masa
kerja, kemampuan tempat usaha / perusahaan. Kepangkatan dapat
ditentukan dari riwayat pendidikan dan bidang yang diambilnya saat
pertama masuk kerja. Sebagai contoh saya mengumpamakan Toko Komputer
yang memiliki rata2 omzet 25 juta perbulan.
Contoh :
Daftar Kepangkatan dan Gaji Pokok Toko Komputer SUSAHRUSAK
Daftar Kepangkatan dan Gaji Pokok Toko Komputer SUSAHRUSAK
Klik Gambar untuk memperBESAR
Lulusan SD | kuning |
Lulusan SMP | hijau |
Lulusan SMA/SMK | biru muda |
Lulusan D2/D3 | ungu |
Lulusan S1 | biru tua |
Lulusan S2 | merah |
Pelatihan
Kegiatan
yang tak kalah penting untuk menjaga dan meningkatkan kualitas sumber
daya manusia (karyawan) diantaranya adalah pelatihan. Pelatihan
ditujukan untuk menambah wawasan karyawan.. Kegiatan pelatihan ini
sifatnya diwajibkan, dengan cara menjadikannya sebagai salah satu
syarat untuk naik pangkat tertentu atau menjabat jabatan tertentu.
Kegiatan
lainnya yaitu buku wajib, dimana karyawan diwajibkan untuk membaca
beberapa judul buku yang telah di referensikan tergantung bidang
pekerjaannya. Misal Teknisi, buku wajibnya tentang sistem operasi dan
troubleshooting… kemudian ada juga majalah bulanan atau mingguan wajib
misalnya majalah komputer.
Buat struktur dan Bidang Pekerjaan
Untuk
memudahkan mengatur kerja karyawan maka perlu dibuat bidang pekerjaan…
misal untuk contoh diatas CV. KOMPUTER KITA yang bergerak di bidang
servis dan penjualan komputer :
-
Bidang Administrasi dan Umum, mengatur semua administrasi perkantoran,
yang terdiri dari seksi keuangan (mengurus keuangan/kasir), seksi
kepegawaian (mengelola karyawan termasuk pengadaan pelatihan dan
penyusunan kebutuhan pegawai), seksi publikasi (mengatur promosi dan
iklan), seksi persuratan dan inventaris barang (mengurus keluar masuk
surat dan barang investasi kantor)
-
Bidang Servis, bertugas sebagai pelayanan servis semua perangkat
komputer yang terdiri dari seksi Hardware (komputer, elektronik umum,
printer) dan seksi Software (mengurus instalasi dan servis
ringan/berat)
- Bidang
Penjualan, bertugas melayani pelanggan di bagian depan dan bertanggung
jawab terhadap semua barang yang diperjual belikan, mengatur stock
barang, dan garansi.
Selalu Mereview Kinerja Karyawan
Anda
harus selalu melakukan review pekerjaan karyawan, bisa dengan
mengadakan pertemuan atau rapat yang diadakan sebulan sekali atau tiap
tri wulan. Ini dimaksudkan agar tetap menjaga kualitas kerja karyawan,
dan mengetahui problema tiap bidang. Kita juga dapat menegur karyawan
yang menurun kinerjanya atau melakukan kesalahan berulang.
Intinya jalankan bisnis anda dengan sungguh2 dan berhati-hati, selalu ingat bahwa karyawan adalah ujung tombak kesuksesan anda.
Semoga Bermanfaat.
0 komentar:
Posting Komentar